Monday 6 April 2015

Amparan Tatak Pisang


Amparan Tatak Pisang by Chef Nine

    Ada yang pernah mendengar nama kue ini : " Amparan Tatak Pisang " ? Atau tidak pernah mendengarnya ? Yup, sama...ane juga sebelumnya tidak pernah tau ada nama kue tersebut -_-", alhamdulillah belajar kue tradisional...jadinya tau juga beberapa nama kue nusantara. 
   Sebenarnya malu loh sob! Ane ngaku-ngaku pingin majuin kuliner nusantara, tapi kamus kuliner nusantara yang ane tau baru sedikit -,-. Tak apa, belajar lagi Nin ('o')9.
     Belajar masakan nusantara itu... ntah kenapa setiap praktek nilainya jarang yang memuaskan huft. Dibilang rumit sebenarnya tidak, dibilang gampang.. kadang-kadang gampang hehehe. Kesulitan dan kegagalan yang sering ane alami saat praktek kuiner nusantara itu selalu pada hasil tekstur atau penampakan fisiknya yang sering salah :'( . Tak apalah... namanya juga belajar, pasti ada gagalnya. Kalau langsung berhasil, ntar ane nggak bakal tau perbedaan yang benar dengan yang salah ( ngeles~ ). 
     Ok, dipostingan kali ini ane mau berbagi resep yang sudah dipraktekan dikampus. Silahkan dicoba di rumah sob! siapa tau punya kalian lebih baik dari punya saya bhahahah. 
Check it out !
     
Bahan I :
800 ml santan dari 1 butir kelapa
3 lbr daun pandan, diikat
200 gr tepung beras
100 gr tepung sagu
100 gr gula pasir
½ sdt garam
2 bh pisang tanduk, dikukus dikupas, dibelah dua dan dipotong memanjang

Bahan II :
350 ml santan dari ½ butir kelapa
3 lbr daun pandan diikat
100 gr tepung beras
25 gr tepung sagu
75 gr gula pasir
¼ sdt garam


Cara Membuat :
1.       Bahan I : rebus santan dan daun pandan sampai harum. Dinginkan. Tuang sedikit demi sedikit di atas campuran tepung beras, tepung sagu, gula pasir, garam sambil diaduk rata. Sisihkan.
2.       Bahan II : rebus santan dan daun pandan sampai harum, dinginkan. Tuang sedkit demi sedikit ke dalam campuran tepung beras, tepung sagu, gula pasir, garam dan santan sambil diaduk rata. Sisihkan.
3.       Tuang adonan bahan I ke dalam loyang ukuran 30x12x8 cm yang dioles minyak dan dialas daun pisang. Kukus di atas api sedang 30 menit sampa matang.
4.       Tata potongan pisang. Tuang adonan bahan II di atasnya.
5.       Kukus lagi di atas api sedang 30 menit sampai matang. ( Sumber : sajiansedap.com )

No comments:

Post a Comment

Anak Tata Boga Lulus, Mau Kerja Apa? Ini Dia Peluangnya. (Part 1)

Sebagian besar orang berpikir bahwa lulusan dari jurusan Tata Boga nantinya akan kerja sebagai koki/ chef/ cook. Tapi tahukah kamu, kalau te...