Saturday 10 August 2013

Tekwan #cinta.kuliner.Indonesia

Hujan... di Jambi lagi hujan saat ini.
Nah, kalau hujan enaknya makan yang hangat-hangat dan berkuah :9

Waktu setahun ternyata mampu membuat saya kangen dengan makanan satu ini, yaitu Tekwan. Yah, Tekwan susah banget dicari di Jakarta dan kalaupun ada, rasanya beda sama yang ada di Jambi. Kayaknya ada ciri khas dari Tekwan yang dijual mamang-mamang di Jambi...Dan saran untuk teman-teman yang belum pernah makan Tekwan, sebaiknya belinya langsung di sumatera Selatan karena rasanya pasti beda dengan yang dijual di daerah lain.
Akhirnya, malam ini kita beli Tekwan hhe...dan Tekwan itu enaknya kalau sudah disantap dengan cabe-nya beberapa sendok, baru sensainya berasa (y)...keringat bercucuran dan dari mulut keluar asap dan api~

Tekwan Hasil Praktek
Pengetahuan Makanan Nusantara
(ini masih kurang bagus sih ^^)
Tekwan...merupakan salah satu makanan khas dari Sumatera Selatan, termasuk di dalamnya Palembang dan Jambi. Apa itu Tekwan??? Mungkin beberapa orang masih asing dengan makanan ini. Tekwan merupakan hidangan yang berbahan dasar ikan yang dicampur dengan tepung sagu atau tapioka, mirip seperti mpek-mpek (tentu mpek-mpek tidak asing didengar kan?).Nah, perbedaan dari mpek-mpek dan Tekwan adalah kalau mpek-mpek dimakan dengan kuah cuko sedangkan Tekwan dimakan dengan diberi tambahan pelengkap berupa soun, timun, ebi bubuk, potongan bengkoang, jamur kuping yang dan  disiram dengan kuah berupa kaldu dari seafood (biasanya kaldu udang), terakhir diberi taburan daun seledri dan bawang goreng. Tekwan ini termasuk ke dalam jenis hidangan sop/soto dalam ilmu tata boga.

Dalam matakuliah Pengetahuan Makanan Nusantara saya pernah mendapatkan tugas untuk membuat makanan ini. Untuk rasanya, menurut saya sudah hampir mendekati dengan Tekwan mamang-mamang Jambi.

Resep Tekwan

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

Bahan Tekwan:
200 gram daging tenggiri, haluskan
1 putih telur 
1 sendok teh garam 
1/2 sendok teh gula pasir 
50 gram tepung sagu 
25 ml air es 

Bahan Kuah:
200 gram udang kupas, sisakan ekornya, kerat punggungnya
2.000 ml air kaldu udang, dari kulit udang yang dicuci bersih
5 siung bawang putih, cincang halus
6 buah jamur kuping, rendam, potong-potong
30 buah sedap malam, rendam, ikat
200 gram bengkuang, iris korek api
1 batang daun bawang, iris halus
2 sendok makan garam 
1/2 sendok teh merica bubuk 
1 sendok teh gula pasir 
100 gram soun, seduh, potong-potong
1/2 sendok makan cuka 
1 sendok makan minyak untuk menumis 

Bahan Taburan:
2 sendok makan bawang putih goreng 
2 sendok makan seledri, iris halus

Cara Pengolahan :
  1. Tekwan, aduk rata bahan tekwan. Bentuk bola dengan sendok teh. Rebus dalam air mendidih sampai terapung. Angkat dan tiriskan.
  2. Kuah, tumis bawang putih sampai harum. Tambahkan udang. Aduk sampai berubah warna. Tuang air kaldu udang. Masak sampai mendidih.
  3. Masukkan tekwan, jamur kuping, sedap malam, bengkuang, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang. Tambahkan daun bawang, soun, dan cuka. Aduk rata.
  4. Sajikan bersama taburan bawang putih goreng dan seledri.
Untuk 8 porsi


No comments:

Post a Comment

Anak Tata Boga Lulus, Mau Kerja Apa? Ini Dia Peluangnya. (Part 1)

Sebagian besar orang berpikir bahwa lulusan dari jurusan Tata Boga nantinya akan kerja sebagai koki/ chef/ cook. Tapi tahukah kamu, kalau te...