Wednesday 18 June 2014

Menu-list goes to Menu-lis (2)

Konsep awal blog ane ini adalah blog yang berisi informasi tentang resep-resep karya praktek, kuliner Nusantara, informasi dunia kuliner, informasi tempat wisata kuliner, dll yang berbau kuliner. Jadi, tadi pinginnya blog ini bisa jadi referensi untuk dunia kuliner, yah~ bisa diibaratkan seperti menu-list.

Manusia hanya bisa berencana, Allah yang menentukan.
Entahlah, apa ini ada kaitannya dengan quote di atas. Tapi menurut ane itu ada kaitannya ^^.

Konsep awal sudah matang, ternyata pas dijalanin ini blog kok postingan yang tentang kulinernya dikit banget o.O ??? Jangan tanya kenapa, mungkin karena belum punya kesempatan yang lebih besar untuk menjelajahi kuliner yang luas dunianya atau mungkin karena belum dapat sponsor untuk modalin wisata kuliner ( plak! tepok jidat ). Ane ngerasa di blog ini lebih banyak ke cerita-cerita pribadi yang 'super' buat ane. Tak apalah, mungkin yang akan datang konsep awal ane untuk fokus mengekspos kuliner ( terutama kuliner Nusantara ) bisa terwujud, amin!

Seperti quote yang ane tulis di Menu-list goes to Menu-lis (1) : " Writing doesn't need technic nor talent. But consistency. "

See! ternyata untuk mahir menulis tidak banyak persyaratannya cukup memulainya dengan konsisten. Konsistensi, merupakan kegiatan yang memberi manfaat dan menjadi langkah awal untuk menumbuhkan kecintaan, maka biar cintamu awet jagalah si konsistensi (gagal fokus). Perlu diingat konsistensi yang harus dijaga ialah konsistensi terhadap hal-hal positif ya sob.

Konsistensi ane untuk tetap mencoba menulis, menulis apapun yang sedang ada dipikiran tanpa memikirkan hasilnya. Menulis tanpa beban, menuangkan semua cerita keseharian ane dan berbagi ilmu dari pengalaman-pengalaman melalui blog ini, membuat ane mulai suka untuk menulis. Ya, berawal dengan niat membuat Menu-list berujung "kenyang" Menu-lis ^v^.

Menulis...
Ternyata tak sesulit yang dahulu ane bayangin, tapi jangan samakan dengan menulis secara ilmiah ya... karena menulis secara ilmiah pasti berbeda dengan menulis 'santai'. Menulis santai itu emang benar-benar santai sob~ dan bikin ketagihan ^^.

Dengan menulis 'santai' ternyata ane bisa mengungkapkan apa yang sedang dipikirin, bercerita dengan panjang lebar, dan menuliskan semua kata yang ada dalam otak ane tanpa harus mikirin apakah sesuai dengan EYD hueheh.

Menulis itu mak nyus! Kalau diumpamakan kita makan, menulis itu ngenyangin yang akhirnya bikin ane lega karena kenyang. Ya, dengan menulis ane sering merasa plong lega. Karena dengan menulis semua pikiran dan ide yang nggak bisa ane ungkapin lewat lisan bisa tercurahkan sampai meleber bahkan tumpah-tumpah ( hiperbola sedikit ye sob! ^^v ). Terkadang perasaan ganjel ketika mau ngomong tapi nggak bisa ngomong ( gimana ceritanya?? o.O) terobati melalui tulisan, ya... karena ane termasuk orang yang kurang ahli dalam 'ngomong'. 

Dengan menulis ane juga sering mendapatkan pembelajaran. 
Setelah selesai menulis kemudian membaca ulang tulisan yang sudah dibuat...teerkadang membuat ane belajar kembali. Belajar untuk lebih baik kedepannya dengan mengambil hikmah dari pengalaman yang ane tulis. Dari tulisan tersebut, ane tau dan bisa lebih merinci kejadian-kejadian keseharian. 

Menulis menurut sebagian orang merupakan hal yang sulit, ya...sama seperti yang ane pikirkan ketika belum mencoba untuk menulis. Hal yang menjadi kendala sehingga orang-orang belum mau mencoba untuk menulis yaitu masalah IDE. Ide itu orang Bali bukan? Itu I Gede -_-". 
Ente tau sob? ternyata ide is not a problem. Kalau dulu, ketika berbicara tentang menulis yang ane katakan pasti " Mau nulis apa? nggak ada ide yang mau ditulis ". Padahal ternyata setelah ane mulai menulis untuk yang pertama, kemudian yang kedua, ketiga dan seterusnya ide bukan menjadi permasalahan besarnya. Langkah awal ane yang bikin ane kecanduan menulis adalah dengan menulis kegiatan keseharian. Nah, awalnya ane memang hanya mencoba merinci kembali kegiatan ane selama sehari kemudian konsisten menceritakan kegiatan keseharian lainnya dalam tulisan dan lambat laun ane merasakan kehadiran IDE. 

Nah, kelihatan kan ide itu bukan sesuatu yang ada begitu saja. Ide itu harus dirangsang biar dia muncul. Jadi, mulailah menulis. Tulislah apapun yang ente pikirin sob! nanti lama kelamaan ide muncul dan lama kelamaan juga kita merasakan pembelajaran secara tidak langsung dari setiap tulisan kita agar kedepannya bisa menulis dengan lebih baik. Dan melalui tulisan juga ane ngerasain nikmatnya berbagi cerita ^^.

" Mulailah menulis dan rasakan apa yang terjadi dari Menu-list goes to Menu-lis versi kamu sob! "




No comments:

Post a Comment

Anak Tata Boga Lulus, Mau Kerja Apa? Ini Dia Peluangnya. (Part 1)

Sebagian besar orang berpikir bahwa lulusan dari jurusan Tata Boga nantinya akan kerja sebagai koki/ chef/ cook. Tapi tahukah kamu, kalau te...