Tuesday 9 October 2018

Ingin Membuat Kue? Kenalan Dulu Dengan Bahan-Bahan Ini


Ingin membuat kue? Biasanya kita sudah tidak asing lagi dengan bahan tambahan pangan yang dicampurkan ke dalam adonan kue, berupa pengembang atau biasa kita sebut dengan pengembang kue. Pengembang kue ini berfungsi untuk menghasilkan volume yang lebih besar pada kue. Pengembang kue akan menghasilkan gelembung gas karbondioksida sehingga mampu membuat kue menjadi lebih besar.

Ternyata, bahan pengembang kue ada banyak ragamnya. Masing-masing jenis digunakan sesuai dengan jenis kue yang akan dibuat. Pada artikel ini, kita akan berkenalan dengan beberapa jenis pengembang kue yang biasa digunakan.

1.      Baking Soda
Baking soda atau nama lainnya soda kue merupakan bahan pengembang kue yang berasal dari natrium bikarbonat / sodium bikarbonat. Baking soda digunakan dalam membuat kue kukus atau dipanggang. Pengembang kue jenis ini lebih cocok dipakai pada adonan yang bersifat asam, karena baking soda akan bekerja dengan baik jika dicampurkan dengan asam.Hal yang harus anda ketahui adalah saat baking soda sudah ditambahkan ke dalam adonan, anda harus segera memanggang atau mengukus kue. Jika adonan tidak segera dipanggang atau kukus, maka hasil kue akan beresiko bantat / tidak mengembang.

2.      Baking Powder
Serupa dengan baking soda, baking powder juga merupakan pengembang kue yang berasal dari natrium bikarbonat / sodium bikarbonat. Namun, selain natrium bikarbonat / sodium bikarbonat, bahan ini juga mengandung beberapa komponen lain seperti tepung jagung dan cream of tartar. Untuk penggunaannya, baking powder lebih baik dugunakan untuk membuat kue kering yang tidak mengandung asam. Ada 2 jenis dari baking powder, yaitu single-acting baking powder dan double-acting baking powder.

3.      Ragi
Ragi adalah bahan pengembang yang biasa digunakan untuk mengembangkan roti, donat atau bakpao. Ragi memiliki 3 jenis yang umum digunakan pada pembuatan roti dan kue, yaitu ragi basah, ragi kering dan ragi instant. Namun, seiring kemajuan teknologi, masyarakat lebih banyak memilih menggunakan ragi instan untuk ditambahkan pada adonan karena ragi jenis ini di nilai lebih praktis.


4.      Cream of Tartar
Cream of tartar adalah salah satu bahan tambahan makanan yang berupa bubuk putih halus. Bubuk ini berasal dari pemurnian tartaric acid (hasil penyulingan minuman anggur). Sebenarnya cream of tartar memiliki fungsi sebagai pelembut kue, tapi bubuk ini juga bisa digunakan sebagai ragi atau pengembang. Biasanya cream of tartar ditambahkan ke dalam putih telur saat membuat kue. Bubuk ini mampu memberikan pori-pori pada tekstur kue. Untuk menambah kuat kemampuan cream of tartar dalam mengembangkan adonan, biasanya di adonan akan ditambahkan baking soda sebagai pendukung kerja cream of tartar.

Nah, itu beberapa macam bahan pengembang yang umum digunakan dalam memasak kue. Bagi anda yang ingin membuat kue, anda wajib kenal dengan bahan-bahan tersebut agar hasil kue anda lebih sempurna.

No comments:

Post a Comment

Anak Tata Boga Lulus, Mau Kerja Apa? Ini Dia Peluangnya. (Part 1)

Sebagian besar orang berpikir bahwa lulusan dari jurusan Tata Boga nantinya akan kerja sebagai koki/ chef/ cook. Tapi tahukah kamu, kalau te...