Tuesday 26 June 2018

Catatan penyuka Mie Aceh

Orang Jepang suka dengan yang namanya soba, ramen, udon.
Orang Korea suka dengan yang namanya ramyeon, samyang, dll.
Orang Cina pun bisa diperhatikan dari film/ cerita/ tv, dll mereka juga suka dengan hidangan berbentuk panjang seperti tali yang terbuat dari tepung dan memiliki tekstur kenyal. Yap, kalau di Indonesia kita mengenalnya dengan nama Mie.

Di Indonesia banyak banget menu yang memakai mie. Bakmi Jawa, Mie Aceh, Mie Godog, Soto Mie, Bihun Goreng, Mie Titi, Kwetiau, Mie Ayam, Mie Yamin dan masih banyak lagi. Pembaca bisa kasih tau saya menu lainnya yang terbuat dari Mie...barangkali ada nama baru yang belum saya kenal 😊.

Tulisan kali ini saya mau cerita tentang menu mie yang berasal dari ujung Sumatera yaitu Mie Aceh. Arrgh...I love mie aceh, slurrp!

Kali pertama saya mencicipi Mie Aceh itu di daerah Margonda, Depok. Waktu itu saya diajak jalan oleh mak ntan -panggilan paman dalam bahasa minang-. Nah, abang sepupu saya alias anak mak ntan pingin makan mie aceh, jadilah kita pergi ke mie aceh favorit abang sepupu di daerah Margonda. Since that time I love Mie Aceh, slurrp. Ngebayangin rasa kuah dan bumbu khasnya bikin pengen. Nama toko mie aceh di Margonda itu saya lupa, tapi untuk lokasinya nggak jauh dari tugu selamat datang kota Depok, yang pingin nyobain bisa coba lirik-lirik toko daerah situ, salah satunya ada toko Mie Aceh.

Mie Aceh Seulawah Cikini

Di Jakarta, untuk yang suka jajan kuliner bisa mampir ke Benhil. Lokasinya kalian bisa naik transjakarta, turun di halte benhil kemudian ke arah seberang Univ Atma Jaya gak jauh dari jembatan penyebrangan ada gang, masuk ke gang itu. Di sana banyak toko kuliner. Ada toko nasi padang, kedai kopi dan tidak ketinggalan juga toko mie aceh! Mie Aceh Seulawah, itu nama toko yang saya cari. Mie aceh ini direkomendasikan ke saya untuk saya cicip. Katanya enak, setelah saya cicip emang enak! Untuk sampai ke Mie Aceh Seulawah Benhil, harus teliti mencari tokonya bagi kalian yang baru pertama kali ke sana, karena lokasi tokonya terkesan "terjepit". Toko ini memang memiliki luas yang tidak banyak dibanding toko lain yang mengapitnya jadi kalau tidak teliti bisa kelewatan. 

Kedai Mie Aceh Seulawah Benhil



Sederhana, kesan ruangan dari toko ini dengan bentuk toko yang memanjang khas toko kuliner jaman dulu kalau kata saya. Di dinding ruangan ditempel hiasan piring berisi tulisan tangan para pelanggan yang sudah pernah mampir. Ada tulisan dari pak Bondan Winarno dan wisata kuliner trans TV -wah, ini acara favorit saya dulu-. Hmm, pak Bondan sudah datang ke toko ini, pasti mie acehnya enak itu pikir saya.

Di toko ini sudah pasti menjual hidangan khas dari Aceh selain mie nya. Di meja disediakan kue Timphan dan otak-otak. Untuk minuman, toko ini juga menjual kopi Aceh.

piring-piring komentar




Mie Aceh Seulawah ini tidak hanya ada di Benhil, di daerah Cikini juga ada tokonya. Nah, di daftar menu toko yang di Cikini Ada tertulis sup ikan hiu.. -gimana rasanya ya?-.


Enaknya Mie aceh itu, ada dikuahnya. Rasa rempahnya, pedes, gurih ditambah acar dan cabe rawit tambah bikin enak -my mouth watering 😰-. Dimakan pakai emping bikin lebih-lebih enak...

Mau nyari mie aceh di daerah Bogor, bisa cobain Mie Aceh Kurnia. Ini mie aceh yang sudah saya coba. Lumayan sering beli yang di Bogor ini. Biasanya saya pesan pakai GO-FOOD karena gampang gitu, begitu kepingin gak usah harus pergi ke toko tapi bisa pesan dari rumah dan tunggu. Gak harus menyiapkan waktu khusus untuk pergi ke toko. Mie aceh kurnia di bogor ada beberapa cabangnya dan yang suka saya beli itu yang di daerah Gunung Batu.

Kalau pembaca ada rekomendasi mie aceh yang enak boleh kasih infonya, siapa tau saya nanti ada rezeki untuk nyicipin. 






No comments:

Post a Comment

Anak Tata Boga Lulus, Mau Kerja Apa? Ini Dia Peluangnya. (Part 1)

Sebagian besar orang berpikir bahwa lulusan dari jurusan Tata Boga nantinya akan kerja sebagai koki/ chef/ cook. Tapi tahukah kamu, kalau te...