Friday 8 May 2015

Modifikasi kue Talam Jagung versi @ninenice

( Selalu ada cerita gagal saat praktek masak~ . Nggak tau harus senang atau sedih ini :3 ).
Alhamdulillah berhasil :').
Talam Jagung yang Lulus
Talam Jagung yang disuruh mengulang :(
Ini ceritanya sebenarnya praktek modifikasi kue tradisional. Untuk praktek ini ane dapat undian modifikasi kue Talam Jagung dan kebetulan jenis kuenya sama dengan kue yang ane praktekin di praktek sebelumnya yang gagal. Sekalian dah ane ngulang plus bikin yang untuk dimodifikasi. Tapi, sayangnya kue Talam Jagung yang ane buat untuk modifikasi kue malah gagal T^T.

Ceritanya Kue Talam Jagungnya mau dimodifikasi dari bentuknya, eh... malah gagal - sakitnya tuh di sini ( nunjuk kertas jobsheet ). Melihat hasil modifikasi teman-teman pada bagus-bagus -.
Dalam memodifikasi kue tradisional, kita dituntut untuk merubah sedemikan rupa kue supaya orang "terkecoh" dengan kuenya. Dimana orang-orang tidak akan tahu jenis kue tersebut.


Untuk modifikasi kue ini, ane sebelumnya browsing di internet dan dapatlah resep Kue Talam Ubi Gulung. Nah, ane tertarik dengan modifikasi bentuknya dan ane coba ganti bahan ubi dengan jagung. Hasil akhirnya talam yang ane buat bisa dikatakan " berhasil " dan bisa dikatakan " gagal ". Pfft... kenapa ane katakan demikian? Karena sebenarnya Talam Jagung yang ane buat ini berhasil, namun karena kurang perhitungan... ane gagal memodifikasi bentuknya yang ingin ane buat menggulung. Dalam mencetak kue ini ane tidak memperhatikan ketebalan lapisannya akhirnya jadilah kue Talam Jagung ( gagal ) Gulung.



Ceritanya " Talam Jagung Roll " huehehe :3
https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/236x/c2/b5/53/c2b55328bd7444392b4b6dd659a4dc4f.jpg
Bentuk Talam yang ingin ditiru ( sumber : sajiansedap.com )

Talam Jagung Roll
Bahan I:
150 gram jagung kukus / rebus, haluskan
60 gram tepung kanji
30 gram tepung beras
150 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
250 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Bahan Ii:
25 gram tepung beras
40 ml air panas
40 gram tepung sagu tani
1/2 sendok teh garam
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara Pengolahan :

  1. Bahan I: aduk jagung, tepung kanji, tepung beras, gula, dan garam. Tuang santan. Aduk sampai lembut. Saring.
  2. Tuang ke loyang 24 x 24 x 4 cm yang dioles minyak dan dialas plastik. Kukus 10 menit.
  3. Bahan II: seduh tepung beras dengan air mendidih. Tambahkan tepung sagu tani dan garam. Aduk rata. Tuang santan. Aduk rata.
  4. Tuang ke bahan I. Kukus lagi 10 menit sampai matang.
  5. Panas-panas. Gulung dan padatkan. Biarkan dingin. Potong-potong.
Untuk 14 potong


No comments:

Post a Comment

Anak Tata Boga Lulus, Mau Kerja Apa? Ini Dia Peluangnya. (Part 1)

Sebagian besar orang berpikir bahwa lulusan dari jurusan Tata Boga nantinya akan kerja sebagai koki/ chef/ cook. Tapi tahukah kamu, kalau te...