Tuesday 9 October 2018

Kunci Kelezatan Rendang, Makanan Terenak Di Dunia


Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat, Indonesia yang sudah dikenal dan diakui kelezatannya di dunia internasional, hal ini dibuktikan dengan ditetapkannya makanan ini sebagai peringkat pertama makanan terenak di dunia menurut CNN Travel pada tahun 2011. Banyak dari kamu pasti sepakat juga bahwa rendang memiliki rasa yang lezat, bukan?


Biasanya rendang  akan ditemui pada sajian di rumah makan padang atau pada hari raya istimewa, namun tak jarang rendang juga dijadikan menu harian di rumah. Nah, bagi anda yang juga ingin merasakan kelezatan makanan terenak di dunia ini di rumah, anda bisa membuatnya sendiri loh. Agar rendang buatan anda lezat dan nikmat, penjelasan di bawah ini bisa jadi kunci kelezatan untuk rendang buatan anda.

1.      Penggunaan Bagian Daging Sapi Yang Sesuai
Penggunaan daging pada rendang, ternyata tidak boleh sembarangan loh. Umumnya proses memasak rendang membutuhkan waktu yang lama, hal tersebut bertujuan agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging dan rendang menjadi kering. Agar daging tidak hancur karena dimasak dalam waktu lama, maka daging yang digunakan untuk rendang harus padat dan tidak mudah hancur. Bagian daging yang cocok digunakan untuk rendang adalah daging sapi  bagian paha luar, jenis daging ini memiliki serat yang padat sehingga tidak hancur saat dimasak dalam waktu lama. Selain itu, sebaiknya daging dipotong agak tebal agar tidak hancur saat dimasak.

2.      Masak Daging Dengan Air Kelapa
Air kelapa dikenal memiliki manfaat yang banyak. Selain bermanfaat untuk kesehatan, air kelapa juga memiliki manfaat dalam proses memasak loh. Air kelapa dapat membuat daging menjadi lebih empuk. Hal ini akan membantu daging rendang menjadi lebih empuk tentunya. Saat memasak rendang, air kelapa dapat digunakan sebagai cairan untuk meremas santan dari kelapa.

3.      Masak Menggunakan Api Kecil
Dalam memasak rendang, anda butuh yang namanya kesabaran karena kunci utama dalam proses memasak rendang adalah teknik memasak lambat atau slow cooking. Teknik memasak lambat pada rendang bertujuan untuk membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging dan membuat rendang mengering. Karena asal nama rendang adalah ‘merandang’ yang berarti menghilangkan air, sehingga tentu saja hasil rendang harus kering tidak mengandung air. Untuk menghasilkan rendang yang kering namun bumbu dapat meresap ke dalam daging dan hasilnya tidak gosong, anda harus memasak rendang dengan menggunakan api kecil.

4.      Takaran Santan Yang Pas
Santan menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan rendang. Penggunaan santan di dalam rendang berperan untuk memberi rasa gurih pada bumbu rendang, sehingga takaran santan harus pas agar cita rasa rendang lebih nikmat. Umumnya perbandingan takaran santan dengan daging yang digunakan adalah 3 : 1, yaitu santan dari 3 butir kelapa untuk 1 kg daging. Selain itu, penggunaan santan juga dapat memberikan minyak pada rendang. Santan yang baik untuk digunakan pada hindangan ini harus berasal dari kelapa tua.

Sekarang anda sudah tahu beberapa kunci kelezatan agar rendang semakin nikmat, bukan?




No comments:

Post a Comment

Anak Tata Boga Lulus, Mau Kerja Apa? Ini Dia Peluangnya. (Part 1)

Sebagian besar orang berpikir bahwa lulusan dari jurusan Tata Boga nantinya akan kerja sebagai koki/ chef/ cook. Tapi tahukah kamu, kalau te...