Monday 24 November 2014

Makassar sambut beta ^^ ( 5 )

It is the last  story about our wisata kuliner in  Makassar.
Ini wiskul terakhir kami untuk saat ini ^^. Kali ini hari Senin, saatnya untuk pulang ke Jakarta. Sebelum pulang kita diajak jajan kuliner Makassar lagi. Pagi ini kami diajak jajan Es Pisang Ijo Makassar, Jalang Kote dan Kroketnya Makassar.

Es Pisang Ijo di Jakarta sudah lumayan banyak yang jual, tapi kalau beli di daerah asalnya pasti ciri khasnya ada. Pisang Ijo Makassar ini porsi yang dijual lebih banyak dan Pisang Ijonya sepertinya pisang yang mengkal, sedangkan kalau di Jakarta biasanya pisang yang digunakan pisang manis kan? Kemudian tekstur pisangnya juka mengkal bukan tekstur pisang matang.
Es Pisang Ijo Makassar



Di rumah makan yang sama kami juga jajan kue trasisional Makassar yaitu Jalan Kote. Hidangan ini bentuknya seperti Pastel, yang membedakan Jalang Kote dengan Patel yaitu dari bahan isiannya. Isi dari Jalang Kote ini dominan dengan Toge, Kentang dan Wortel kemudian ditambahkan daging dan telur rebus. Jalang Kote dilengkapi dengan kuah sambal yang rasanya asam untuk menyantapnya.

Jalang kote

 
Jalang Kote yang dibelah

Kue lainnya yang kami cicipi yaitu Kroket Makassar, untuk menyantap Kroket ini juga disantap dengan kuah sambal cuka, sama seperti Jalang Kote tadi.

Padahal jajanan yang dibeli tidak banyak, tapi perut ane sudah kenyang gara-gara sebelumnya sudah sarapan di hotel -_-. Yeay, wisata kuliner selesai dan sebentar lagi jam 12:00 WITA saatnya ane dan teman-temn balik ke Jakarta. Sebelum ke bandara Sulatan Hasanuddin, kita diajak belanja ke toko oleh-oleh khas Makassar.

Belanja oleh-oleh selesai dan waktunya terbang menuju Jakarta. See you next time Makassar (^v^)/.
Alhamdulillah, di pesawat ane dapat tempat duduk di dekat jendela jadi sepanjang penerbangan ane bisa melihat pemandangan di luar. Masyaallah bagus banget pemandangan di sekitar Makassar sampai ke Indonesia bagian tengah. Langitnya saat itu cerah banget, biru dan putih bersih. Kemudian ketika ane melihat ke bawah, tampak laut yang biru dan ada pulau-pulau kecil, cantik banget pemandangannya ^^. Benar-benar luar biasa ciptaan Allah. Sejak saat itu, ane jadi suka melihat gambar pemandangan langit cerah yang biru. Tapi begitu sampai di atas Jakarta, langitnya berkabut sehingga pemandangan yang terlihat hanya kabut hitam :(, mungkin ini karena efek polusi udara.

 " Maka nikmat tuhan yang manakah yang kau dustakan? ".

Langit ^^
Langit ciptaanNya

No comments:

Post a Comment

Anak Tata Boga Lulus, Mau Kerja Apa? Ini Dia Peluangnya. (Part 1)

Sebagian besar orang berpikir bahwa lulusan dari jurusan Tata Boga nantinya akan kerja sebagai koki/ chef/ cook. Tapi tahukah kamu, kalau te...