Monday 4 May 2015

Kue Cubit

Kue Cubit @ninenice yang katanya gagal dan disuruh ngulang T^T

Kue Cubit @ninenice disuruh ngulang dua kali pertemuan praktikum T^T


Kue Cubit Red Velvet.....
Kue Cubit Green Tea......
Kue Cubit Oreo.........
Kue Cubit yang emang minta dicubit banget pfft~

Siapa yang tak tau dengan yang namanya Kue Cubit kekinian. Berawal dari resep awal Kue Cubit yang hanya ditaburi dengan meises atau keju, kini banyak kita jumpai di mal-mal dan tepi jalan beraneka varian Kue Cubit, mulai dari topping sampai adonannya.

Porsinya yang imut cocok untuk camilan dan rasanya yang enak membuat jajanan pasar ini digemari semua kalangan ( eeeaaaaa, kok ane nulisnya berasa kayak reportase kuliner di majalah-majalah yak :3 ).

Dibalik namanya yang unik, yaitu Kue Cubit, ternyata dalam mebuatnya emang gemesin banget ini kue, minta di cubit pfft. Kenapa? Dari praktek Kue Tradisional yang ane bikin, kue ini menyabet rekor mengulang dua kali. Praktikum pertama kata dosennya Kue Cubitnya bantat. Praktikum kedua kata dosen ane Kue Cubitnya mentah - nah, berarti Kue Cubit setengah matang yang lagi trend itu gagal loh kalau kata dosen ane. hohohoh - . Akhirnya, praktikum yang ketiga Kue Cubit ane diluluskan tapi dengan kritikan dari dosen mengenai cetakan yang ane pakai. Sumber resep yang ane pakai, sepertinya tidak salah. Menurut ane, hal yang membuat hasil Kue Cubit ane gagal yaitu terletak pada kesalahan cetakannya ( seperti yang dibilang dosen ane juga ) - cetakan yang ane pakai saat praktikum adalah cetakan takoyaki - , sehingga dalam mengontrol proses memasaknya susah-susah gampang. Contohnya bisa dilihat saat praktikum kemaren, dasar dari kue cubit sudah matang tapi atasnya masih mentah.

Berikut resep Kue Cubit yang mudah untuk dipraktekan di rumah. Biar nggak usah beli-beli lagi huehehe :3.

Kue Cubit

Bahan :
Telur 3 butir
Gula pasir 150 gr
Terigu 200 gr
Tepung Kanji 1 1/2 sdm
Soda Kue 1/2 sdt
Air 50 ml
Margarine, lelehkan 75 gr
Meises untuk taburan 50 gr

Cara Membuat :
  1. Kocok telur bersama gula, sampai mengental. Masukkan terigu, tepung kanji dan soda kue. Kocok dengan kecepatan rendah. Tambahkan margarine dan air, aduk sampai rata.
  2. Panaskan cetakan kue cubit, dengan api sedang. Olesi dengan margarine lalu tuangkan adonan ke dalam cetakan. Tutup dan biarkan sampai setengah matang. Taburkan adonan dengan meise, kecilkan api. Tutup kembali sampai matang. Angkat.




No comments:

Post a Comment

Anak Tata Boga Lulus, Mau Kerja Apa? Ini Dia Peluangnya. (Part 1)

Sebagian besar orang berpikir bahwa lulusan dari jurusan Tata Boga nantinya akan kerja sebagai koki/ chef/ cook. Tapi tahukah kamu, kalau te...